Jumat, 04 Agustus 2023

ARTIKEL KOMPUTER SISTEM

KOMPUTER SISTEM 




Pengertian Sistem

 berasal dari bahasa Latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) adalah suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau sebelas yang bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi. Sistem juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.


Pengertian Komputer

adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang dirumuskan. Kata komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.


Pengertian Sistem Komputer

Sistem komputer adalah kumpulan dari elemen-elemen komputer (hardware, software, brainware) yang saling berhubungan (terintegrasi) dan saling berinteraksi untuk melakukan pengolahan data dengan tujuan menghasilkan informasi sesuai dengan yang diharapkan.


Perangkat komputer harus dapat difungsikan secara komperehensif (kompak dan bersama-sama) dalam melaksanakan tugas yaitu dalam mengolah data atau informasi. Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, dan brainware. Elemen ketiga sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan yang saling mendukung untuk bekerja sama. Perangkat keras tidak akan berfungsi apabila tanpa perangkat lunak, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak akan bermanfaat jika tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikannya dan mengendalikannya


Pengertian Sistem Operasi Komputer adalah perangkat lunak atau perangkat lunak yang disimpan untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi sistem dasar, termasuk menjalankan aplikasi perangkat lunak seperti program-program pengolah data yang dapat digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem Operasi dalam bahasa Inggrisnya disebut Operating System, atau biasa di singkat dengan OS.


Sistem Operasi komputer merupakan software pada lapisan pertama yang diletakkan pada memori komputer, (memori komputer dalam hal ini ada Hardisk, bukan memory ram) pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi Komputer berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing perangkat lunak tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dimulai dengan kernel suatu Sistem Operasi.


Sistem Operasi bekerja sebagai penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. selain itu, Sistem Operasi komputer juga melakukan semua perintah penting dalam komputer, serta menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan. Sistem Operasi Komputer menjamin aplikasi akses perangkat lunak lainnya bisa memakai memori, melakukan input serta output terhadap peralatan lain, dan mempunya kepada file sistem. Jika beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi Komputer akan mengatur jadwal yang tepat, sehingga sebisa mungkin semua proses pada komputer mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan CPU dan tidak saling mengganggu dengan perangkat lain. Komputer misalnya adalah Windows, Linux, MacOS, dan lain-lain. Di bawah ini merupakan tampilan antarmuka sistem operasi Windows 7, Linux (ubuntu), dan Mac OS X

• Tampilan antar muka windows 7 • Tampilan antar muka linux Ubuntu • Tampilan antar muka sistem operasi Mac OS X

Komponen-komponen Komputer

Komponen – komponen dalam sistem komputer terbagi 3, yang tidak bisa terpisahkan yaitu :

Perangkat Keras (Perangkat Keras)

a. Perangkat Pemroses

b. Perangkat Masukan

c. Perangkat Keluaran

d. Perangkat Penyimpanan

Perangkat Lunak (Perangkat Lunak)

a. Sistem

Operasib. Program Aplikasi

c. Program Bahasa

Brainware ( Orang Yang Mengoperasikan Komputer )

PERANGKAT KERAS KOMPUTER (PERANGKAT KERAS)

Peralatan komputer secara fisik bisa dilihat dan bisa dijamah dikelompokan dalam kelompok perangkat keras. Dari mulai ditemukannya komputer, perangkat keras dapat digolongkan kedalam 4 golongan, yaitu:

-Alat Manual

-Alat mekanik

-Alat Mekanik Elektronik

-Alat Elektronik

yang kita lihat sekarang ini adalah perubahan dari generasi ke generasi, mulai dari generasi yang pertama sampai dengan generasi ke empat. Bentuk fisik dari komputer generasi sekarang sangat besar, karena hampir semua komponen menggunakan Tanbung Hampa Udara (Vacum Tube).

Berkat keuletan manusia, komputer yang tadinya berukuran besar sampai sekarang yang kita lihat adalah kecil dan dapat dipindahkan kemana-mana, komponen didalamnya menggunakan LSI (Large Scale Intergration) yaitu pemadatan beribu-ribu IC.

Pada dasarnya komputer generasi sekarang terdiri dari:

INPUT DEVICE

Input Device adalah alat yang digunakan untuk menerima input/masukan, adapun yang termasuk dalam kelompok perangkat input yaitu:

a. Key Board


Pengertian Keyboard merupakan perangkat keras yang berbentuk berupa papan Tuts, dimana terdapat tombol-tombol input seperti abjad, angka, atau karakter-karakter special seperti !,@.><:(). Fungsi Keyboard sebagai input utama yang digunakan untuk memasukan perintah dan data ke dalam sistem komputer

b. Mouse



Pengertian Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai penunjuk (pointer) untuk memudahkan penggunaan aplikasi dan OS.

Fungsi Mouse berfungsi sebagai penunjuk (pointer) untuk memudahkan pemakaian aplikasi dan OS

c. Layar sentuh

Layar monitor yang alias mengakifkann program bila bagian tertentu dilayar sentuh dengan tangan.

D. Light pen

Dengan Light pen penyentuhan dilayar menggunakan alat sejenis pen di suatu tempat dilayar dan komputer akan membaca lokasi tersebut

e. Joy Stick



Alat Input ini digunakan untuk menggerakkan dilayar, biasanya digunakan untuk permainan

f. Pemindai

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi pemindai ini mirip seperti mesin fotokopi, perbedaannya adalah mesin fotokopi hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan pemindai hasilnya dapat ditampilkan terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan dengan baik dalam bentuk file teks maupun file gambar. Selain pemindai untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau foto dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau mengubah objek dalam bentuk teks.

PROCESSING DEVICE

Alat pemroses ini terdiri dari 2 bagian utama yaitu CPU dan Main Memory

A. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan tempat mengungkapkan intruksi program CPU terbagi 3 bagian utama yaitu:

a. Control Unit

Control Unit di sini mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output instruksi dari memori utama, mengambil data dari memori utama jika diperlukan oleh proses

b. Aritmatic Logic Unit

Aritmatic Logic Unit berfungsi melakukan emua perhitungan yang sesuai dengan instruksi program

c. Register

merupakan simpanan kecil yang memiliki kecepatan tinggi bekerja sebagai penyimpanan instruksi dan data yang sedang dilayani oleh CPU sedangkan instruksi dan data lainnya menunggu untuk menunggu disana masih tersimpan dalam Memori utama

Ada 3 macam ingatan yang digunakan didalam sistem komputer yaitu:

a. Register

Register bekerja untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang dilayani

b. Memori

Utama Memori Utama untuk menyimpan instruksi dan data yang akan dilayani dan hasil dari pengolahan

c. Memori

Eksternal Memori eksternal berfungsi untuk menyimpan program dan data secara permanen

B. ARRAY PROCESSING

Kecepatan proses pada suatu komputer tergantung pada ukuran prosesor, oleh karena itu kita mengenal 2 macam komputer yaitu:

Personal Computer XT (Excutable Technology) : Intel 8088

Personal Computer AT (Advance Technology) : Intel 80286

C. MAIN MEMORY

Main Memory terdiri dari 2 bagian utama yaitu:

RAM (Random Acces memory)

Untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu. Dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya). Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:

• Penyimpanan Input

untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input.

• Penyimpanan Program

untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses.

• Working Storage

Watch untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.

• Penyimpanan Keluaran

untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan pada keluaran alat.

ROM (Read Only memory)

Memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. Hanya dapat dibaca, tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM, sudah diisi oleh pabrik pembuatnya. Berrupa sistem operasi yang terdiri dari program pokok, seperti program untuk mengatur karakter di layar, mengisi tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan program bootstrap. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan (booting), yang dapat berupa cold booting atau warm booting. Dimungkinkan untuk mengubah isi ROM, dengan cara memprogram kembali, yaitu :

PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali.

EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus dengan sinar ultraviolet, dapat diprogram kembali berulang-ulang.

EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory), dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

OUTPUT DEVICE

Output Device (Alat Keluaran) dibagi menjadi 2 yaitu:

HardCopy Device: Berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan

Contoh:

a) Printer

Printer akan menerjemahkan proses informasi dari sistem unit menjadi output dalam bentuk bentuk kertas (hardcopy) . Tipe-tipe printer yaitu :

– Printer ink-jet – Printer

laser

– Printer thermal – Printer

dot-matrix

– Plotter

– Printer foto

– Printer portabel

SoftCopy Device: Berrupa alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan

Contoh:

Screen/Monitor/Video Display, Monitor dapatdigoliingkan menjadi:

a). Video Display

Video Display merupakan layar yang berupa tabung sinar katoda atau CRT (Cathroda Ray Tube)

b). Monochrome

Monochrome merupakan layar dengan warna tunggal biasanya dengan warna hijau fosfor

c). Color Display

Color Display dapat digunakan tiga sinar elektron secara terpisah dan dapat dikombinasikan untuk membentuk warna yang diinginkan dilayar

d). Flat Panel Display

Flat Panel Display menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) dan layarnya berbentuk pipih

PERANGKAT TAMBAHAN (PERIPHERAL)

Perangkat tambahan adalah suatu perangkat yang dapat dipasangkan pada komputer standar untuk eperluan tertentu, seperti: penambahan perangkat untuk komputer multimedia, jaringan, atau untuk hubungan komunikasi lewat internet.

Beberapa macam perangkat tamabahan diantaranya:

-Modem

Modem adalah perangkat keras komputer untuk komunukasi lewat internet yang berfungsi untuk mengubah arus listrik menjadi pulsa telepon

-Sound/SoundCard

Sound/SoundCard adalah perangkat tambahan komputer yang berfungsi untuk mengirim/mengeluarkan suara yang biasanya digunakan untuk komputer multimedia agar komputer dapat digunakan untuk memutar Video CD, Lagu MP3, TV, Radio, dll

-LAN/LAN Card

LAN/LAN Card adalah perngkat tambahan komputer yang berfungsi untuk membuat jaringan lokal antar pengguna komputer agar sesama pemakai dapat mengirim dan mengambil data dari komputer lain

-TV Tuner

TV Tuner adalah perangkat tambahan agar komputer dapat menangkap siaran televisi dan radio, baik yang dipasang pada monitor ataupun yang dipasang pada CPU

-Mikrofon

Mikrofon adalah perangkat Mikrofon adalah sebuah transduser yang mengubah sinyal suara menjadi sinyal – sinyal listrik sesuai pola suara yang diterima. Sistem elektronik akan merespon sinyal-sinyal suara menggunakan komponen ini, baik merekam dikenal

-Speaker

Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang membentuk bentuk. Dalam setiap sistem penghasil suara, kualitas suara terbaik tergantung dari speaker. Rekaman yang terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan dimainkan dengan dek dan pengeras suara di atas, tetap saja hasilnya akan jelek bila kualitas speaker rendah

PERANGKAT PENYIMPANAN

Perangkat Penyimpanan adalaha perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan pada komputer agar data/dokumen/file yang dibuat dapat disimpan dengan aman agar sewaktu-waktu dibutuhkan dapat dibuka/ditemukan kembali

Adapun yang termasuk perangkat penyimpanan pada komputer diataranya:

Disket/FloppyDisk

Berdasar kapasitas penyimpanan data, disket menjadi:

a. Disket HD (Kepadatan Disk). Berkapasitas 1MB ke atas

b. Disket MD2D (Kepadatan Ganda). Berkapasitas sedang 360KB

Hardisk

Hardisk merupakan media penyimpanan yang berkapasitas sangat besar yang biasanya digunakan dalam komputer windows karena besarnya program dan banyaknya ragam perangkat lunak yang dapat digunakan melalui komputer windows

Kapasitas hardisk banyak sekali, mulai ratusan MegaByte hingga GigaByte, seperti: 30MB,1.5GB, 10GB , 20GB, 40GB, 80GB, 160GB, 320GB

CompactDisk (CD)

CD merupakan salah satu perangkat komputer yang termasuk dalam kelompok media penyimpanan, Dengan CD kita dapat menyimpan dokumen secara permanen dan tidak permanen

Berdasarkan jenis CD dibagi menjadi 2, yaitu:

a. CD-R (CompactDisk Read)

CD-R hanya bisa dipakai sekali dalam peng-copyam yang tidak dapat dihapus lagi untuk dicopy kembali baik isinya sama/tidak

b. CD-R/W

CD-R/W bisa dipakai berulang kali untuk menyimpan karena isinya dapat dihapus untuk ditambahkan dengan file/dokumen lain yang ingin disimpan

Kapasitas CD banyak sekali, mulai ratusan MegaByte hingga GigaByte, seperti: 125 MB, 256 MB, dll

Flash Disk

Media penyimpanan ini pada komputer memiliki bentuk lebih kecil dan ramping sehingga mudah untuk dibawa kemana-kemana, dengan konektor USB.

Berdasarkan kapasitas FlashDisk ada bermacam-macam, diantaranya: 125 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, dll

CardReader

CardReader merupakan media penyimpanan komputer yang biasanya digunakan untuk kelengkapan HaandPhone yang memiliki banyak fasilitas seperti kamera, memutar lagu MP3, menyimpan gambar walpaper, dll, yang membutuhkan memori yang cukup besar.


Source

:https://humas.amikompurwokerto.ac.id/komputer-sistem-artikel/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar